Contoh Surat Perjanjian Gadai Sederhana

Contoh Surat Perjanjian Gadai Sederhana – Dalam keseharian, kita bisa saja berada dalam kondisi yang mendesak untuk mendapatkan uang tunai. Bisa karena untuk berobat, untuk biaya pendidikan atau kondisi “emergency” yang lainya. Kita mungkin punya dana tetapi tidak untuk saat ini, bisa karena tengah bulan sehingga belum gajian atau hal lain. Salah satu cara untuk mendapat dana cepat adalah dengan menggadai barang, atau dengan kata lain meminjam uang dengan jaminan barang dalam sebuah tempo/jangka waktu yang ditentukan.

Mungkin jika kita ke tempat-tempat gadai ada beberapa hal yang kurang bisa kita penuhi, misalnya spesifikasi barang yang kurang memenuhi syarat, atau bunganya yang terlampau tinggi. Salah satu solusinya adalah dengan menggadai barang ke seseorang yang kita kenal, saudara, teman atau relasi lainnya. Namun, perlu diingat, walaupun dengan orang yang dikenal sebaiknya kita juga mengikat dengan surat perjanjian yang bermaterai, supaya jika ada sengketa masing-masing sadar posisinya dihadapan hukum. Ini berlaku bagi yang menggadaikan atau pihak sebaliknya.

Cara membuat surat perjanjian gadai sederhana tentu sangat gampang, yang penting berisi informasi jelas seperti nilai gadai, barang jaminan, bunga (jika ada), jangka waktu atau ketentuan-ketentuan lainnya. Ini ada sebuah contoh surat perjanjian gadai sederhana untuk transaksi gadai dengan teman, saudara atau orang dekat lainnya. Juga bisa digunakan untuk orang yang kita tidak terlalu kenal, namun sebaiknya jangan.

Contoh Surat Perjanjian Gadai Sederhana

SURAT PERJANJIAN GADAI

Dengan ini menerangkan bahwa yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Kartomarmo
Alamat KTP : JL Juanda No.52, Jakarta Pusat
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Selanjutnya disebut Pihak I

Nama : Maryono
Alamat KTP : JL Melati Putih 28, Cipinang, RT1/RW1 Jakarta Timur
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Selanjutnya disebut Pihak II

Kedua belah pihak bersepakat bahwa:

PIHAK I meminjamkan uang sebesar Rp 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah) kepada PIHAK II dengan jaminan berupa Sepeda Motor beserta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dengan keterangan :
• Merk : Honda
• Nomor Regbernomor : B 0000 PRP
• Nama Pemilik : Maryono
• Type : NC11CAQ AT
• Nomor Rangka : MH1JF5122BK305451
• Nomor Mesin : JG51E2914212

Perjanjian ini memiliki ketentuan sebagai berikut:

  1. Jangka waktu peminjaman maksimal 6 bulan dari tanggal perjanjian.
    Jumlah pinjaman tidak dikenakan bunga.
  2. Barang jaminan berupa sepeda motor tersebut diatas akan dikembalikan kepada PIHAK II setelah PIHAK I menerima pengembalian pinjaman sebesar Rp 3.000.000 (Tiga Juta Rupiah) dari PIHAK II selama masih dalam jangka waktu gadai (poin 1.).
  3. Jika dalam jangka waktu gadai PIHAK II tidak bisa mengembalikan pinjaman, maka PIHAK I berhak penuh atas barang jaminan disebut diatas.

Demikian surat ini dibuat atas kesepakatan kedua belah pihak dengan sadar dan tanpa paksaan dari manapun.

Jakarta, 15 Juli 2016
Mengetahui dan Menyetujui

PIHAK I : Kartomarmo

PIHAK II: Maryono

contoh format surat perjanjian gadai sederhana

 

DOWNLOAD CONTOH SURAT PERJANJIAN GADAI SEDERHANA (mediafire)

SKIP AD for download